Apakah aman Periksa Gigi saat Pandemi Covid-19 ?

 


Apakah aman ke dokter gigi saat wabah Covid-19 adalah salah satu pertanyaan yang banyak di perbincangkan belakangan ini. Pasalnya, Covid-19 menular melalui percikan cairan (droplet) yang mengandung virus SARS-Cov-2 dan keluar saat penderita berbicara, batuk, atau bersin. Anda dapat tertular virus corona apabila menghirup droplet tersebut saat melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi. Selain itu, Anda bisa tertular virus corona jika bersentuhan langsung dengan air liur, cairan, atau lendir pada mulut dan tenggorokan pasien. Cairan inilah yang mungkin saja bersentuhan dengan tangan dokter dan peralatan yang digunakan untuk memeriksa gigi. Alat-alat untuk periksa gigi tersebut juga dapat menyemburkan droplet ke udara. Percikan cairan ini dapat bertahan di udara selama beberapa jam, bahkan terhirup oleh pasien atau menempel pada permukaan barang. Periksa gigi saat pandemi Covid-19 dapat lebih berisiko karena tidak banyak ruang pemeriksaan gigi yang dilengkapi perlindungan cukup terhadap paparan virus corona. Sebab, bisa jadi banyak dokter tidak memiliki ruang isolasi untuk mencegah infeksi, ruang periksa khusus untuk satu pasien, maupun masker yang memadai.

Kapan sebaiknya harus periksa gigi di tengah pandemi Covid-19?

Anda dapat periksa gigi saat pandemi Covid-19 apabila kondisinya tergolong darurat, termasuk menyebabkan nyeri yang parah dan meningkatkan risiko infeksi. Beberapa kondisi darurat yang mengharuskan Anda periksa gigi di tengah pandemi Covid-19, yaitu:
  • Nyeri parah pada gigi dan areanya
  • Nyeri dan pembengkakan pada area mulut  
  • Muncul perdarahan yang tidak kunjung berhenti
  • Rasa nyeri akibat kawat gigi sehingga harus diatur kembali
  • Perawatan gigi pada pasien yang menjalani pengobatan kanker
Segera konsultasikan kondisi tersebut ke dokter gigi. Akan tetapi, jika dokter gigi sedang tidak ada, sebaiknya kunjungi rumah sakit untuk segera mendapatkan bantuan medis. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyikat Gigi dengan Baik dan Benar

UPTD Puskesmas Kaliwungu Kabupaten Semarang